Tuesday, January 5, 2016

Cara Burn Video Agar Bisa Disetel Di CD-DVD Player

Cara burning video agar dapat diputar di cd/dvd player itu tidak sama dengan cara memburning cd/dvd untuk file-file biasa seperti file data, mp3, ataupun file image. Cara yang paling mudah dan software yang paling bagus digunakan untuk membuat video support cd/dvd player adalah nero burning, meski banyak software/tool burning seperti software seperti ashampoo burnng studio, dvd flick, xmedia record, cd xp burn, burn aware  free, infra recorder, free iso burner, dll . Karena dengan nero semua tipe file video dapat diconvert secara otomatis bersamaan ketika proses burning sedang berjalan. Prosedur proses burning untuk video agar dapat dimainkan di cd/dvd player memang berbeda dengan cara melakukan burn (membakar) file-file pada umumnya, karena agar dapat di-play di dvd player nero secara otomatis akan men-generate file tertentu sebagai pendukung file utama.

Sebelum anda melakukan proses burning perlu anda tahu beberapa tipe/jenis format file video di antaranya (yang paling terkenal) yaitu: mkv, mp4, flv, avi, ogg, wmv, rmvb, mpeg, 3gp, mov, dll. Jika anda melakukan burn ke dvd maka masing-masing tipe video tersebut akan dikonvert secara otomatis ke dalam format vob karena format yang diperlukan untuk dvd adalah video berekstensi .vob. Namun dengan nero anda tidak perlu meng-convertnya terlebih dahulu, karena nero akan meng-konvertnya dengan sendirinya. Istilah burn itu sendiri merupakan proses menulis (write) data dalam hal ini video dari komputer ke keping cd-dvd.

# Pada artikel tutorial saya sebelumnya, anda dapat membaca tutorial yang saling terkait dengan ini, yaitu:

Selain mengetahui tipe file masing-masing video maka sebelum anda melakukan burning anda harus menyesuaikan kapasitas video yang akan diburn dengan kapasitas dvd. Kapasitas DVD yaitu 4GB

Pada contoh ini yang digunakan sebagai praktek latihan burning adalah nero terbaru yaitu Nero 2014 platinum. OK. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut cara burn file video ke format dvd (vob) agar dapat diputar di dvd player dengan nero burning.


SUMBER : http://www.walidin.net/2015/02/cara-burn-video-agar-bisa-disetel-di-cd-dvd-player.html

1 comment: