Wednesday, February 14, 2018

Cara rakit lampu LED dari tegangan 220 VAC

LED untuk penerangan umumnya mempunyai tegangan maju (FVD, Forward Voltage Drop) antara 3 sampai dengan 4V, meskipun ada juga yang dibuat dengan tegangan maju hingga 9 atau 12V. Di sini khusus akan difokuskan kepada penggunaan LED dengan tegangan maju 3V hingga maksimal 3,4V (Led topi atau Led payung) karena Led ini cukup banyak dijual di toko-toko komponen elektronik.


Untuk menyalakan LED dengan tegangan AC 220 Volt PLN dapat dilakukan dengan beberapa metode, salah satu metode tersebut adalah dengan membuat rangkaian seperti pada gambar diatas. Metode menyalakan LED dengan tegangan AC 220V yang digunakan pada rangkaian diatas adalah dengan dengan cara menyearahkan tegangan AC 220V menjadi tegangan DC kemudian memberikan pembatas arus untuk tegangan supply rangkaian LED.
Rangkaian LED AC 220 Volt pada gambar diatas terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut.
Rectifier, bagian ini berfungsi untuk menyearahkan tegangan AC 220V menjadi tegangan DC. Komponen yang berfungsi sebagai rectifier adalah dioda bridge D1 dan kapasitor C2.
Pembatas arus, bagian pembatas arus berfungsi untuk membatasi arus maksimum arus yang mengalir ke LED dan rectifier. Pada rangkaian LED AC 220 Volt diatas terdapat 2 unit pembatas arus yaitu pembatas arus untuk rectifier dan pembatas arus untuk LED. Pembatas arus rectifie rmenggunakan resistor R1 110 KOhm dan pembatas arus LED menggunakan resistor R2 56 Ohm.
rangkaian lampu led, rangkaian lampu led 220v, rangkaian led 220v, skema rangkaian lampu led, skema lampu LED 220v, Skema lampu led, kumpulan skema inverter- dc 12 volt to acc 220 volt, membuat lampu led rumah, cara membuat lampu led 220v, merangkai lampu led 220v


Rangkaian sederhana LED 220 voltRangkaian sederhana LED 220 volt

No comments:

Post a Comment