Friday, August 28, 2015

cara Mengatasi Pompa Air Bising



bentuk-dalam-pompa-air

Mengatasi Pompa Air Bising – Jika anda pernah mendapatkan masalah seperti ini pastinya akan sangat tergnaggu dengan suara pompa air yang begitu brisik. Biasa nya hal  ini dibarengi kadang dengan pompa air sampai tak kuat menghisap air, dan dampak nya pompa air jadi lemah, pompa air berisik terjadi karena lacker ( bantalan ) pada pompa air yang sudah haus atau kering. Hal  ini mengakibatkan perputaran rotor jadi tak setabil tentunya rotor bisa berbenturan dengan dengan bodi stator atau magnetnya dan jika ini di biarakan maka rotor bisa-bisa tersangkut  pada bodi dan akhirnya pada saat pompa air di hidupkan tak mampu berputar hanya keluar suara bising yang sangat mengganggu dan lambat laun sepul atau rotor bisa hangus terbakar lalu pompa air mati, nah sebelum itu terjadi berikut cara mengatasi pompa air bersuara berisik:
  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka baut pada pompa air
  2. Buku tutup kipas menggunakan obeng yg sesuai
  3. Buka tutup sepul pompa menggunakan kunci ( sebelum anda buka kasih tanda goresan agar saat mengembalikan nanti tetap seperti semula dan tidak terjadi kesalahan saat pemasangan kembali )
  4. Buka tutup stator atau sepul lalu tarik keluar
  5. Buka tutup pompa dengan membuka 3 baut tutup lalu tarik keluar
  6. Setelah  tutup pompa sudadah terbuka maka akan terlihat propoler, kemudian lepaskan propoler
  7. Keluarkan sil isap dari poros reotor lalu tarik rotor dari pompa.
  8. Jika lacker sudah kelihatan, sekarang buka semua lacker dengan tracker  dan ganti yang baru lalu kembalikan semua urutanya seperti membuka tadi, coba putar rotor bila sudah halus pasang kembali
  9. Sumber : http://jakartapiranti.com/blog/mengatasi-pompa-air-bising/

No comments:

Post a Comment